News Update :

Tip dan Trik Menulis Buku

18 Maret 2009 13.03


Mungkin ini bukan Tip ataupun Trik tentang menulis buku, tapi lebih tepatnya strategi menulis buku kali yach... Lalu kenapa kok judul postingannya Tip dan Trik Menulis Buku ??? seperti kata pepatah apalah arti sebuah nama, begitu juga dengan apalah arti sebuah judul hehehe tapi judul sangat berpengaruh lho...(kok malah gak fokus ke pembahasan yach ??)



Oke..babahe saleho akan memberikan sedikit tip dan trik bagaimana menulis sebuah buku. Ini merupakan pengalaman babahe saleho sendiri waktu menulis buku. Apa sech tip dan triknya ??? (kelamaan amat sech ??? ehhehee sabar..sabar... hehehe)

  • Pertama-tama anda harus menulis sesuai dengan kata hati dulu dalam artian jangan pernah ada paksaan, karena apa ??? karena kalau kita menulis dengan paksaan ataupun tekanan hasil yang akan kita dapat dalam menulis tidak akan maksimal sehingga maka buku yang ditulisnya dapat dipastikan kualitasnya diragukan. Baik itu kualitas cara penulisannya maupun isinya karena tidak dilandasi spirit, visi, misi dan tanggung-jawab moral
  • Yang kedua adalah tentukan tema yang akan anda jadikan sebuah buku kemudian carilah beberapa pertanyaan lalu jawablah pertanyaan tersebut secara jujur. Maka jawaban-jawaban tersebut akan menentukan buku yang akan kita tulis. Seperti pada prinsip H1 + W5 (How, What, Why, When, Where, Who). Sebagai contoh pertanyaan adalah Mengapa kita memakai tema tersebut ?, Untuk Siapa Buku yang akan kita tulis nantinya ?, Mau di kirim kemana buku tersebut setelah selesai sesuai dengan jenis penerbit ?, dan seterusnya.
  • Buatlah rumusan atau draft naskah terlebih dahulu sehingga akan memudahkan kita dalam merumuskan ide-ide kita. Kadang ada juga sech seorang penulis langsung menuliskannya langsung tanpa perlu menulis draft (konsepnya) dan itu 1000:1 yang bisa seperti itu. hehehehe
  • Jangan hiraukan kesalahan dalam penulisan (seperti EYD), pokoknya tulis aja dahulu sehingga tidak akan menyita waktu kita dan tidak akan kehilangan ide cuma gara-gara mebetulin penulisan yang tidak sesuai EYD, karena EYD itu bisa di atur belakangan waktu naskah selesai
  • Luangkan waktu sebisa mungkin untuk menulis walaupun cuma 1 jam atau 2 jam (lumayan bisa dapet 10 atau 5 lembar perhari, sehingga dalam sebulan bisa dapet 150-an lembar).
  • Istirahatlah bila ide sudah mentok karena kalau dipaksakan bisa kacau balau..hehehe (pengalaman pribadi soalnya), bisa-bisa awut-awutan nanti naskahnya.
  • Jangan lupa banyak-banyak membaca buku sebagai referensi
Nah mungkin cuma itu yang bisa babahe berikan pada teman-teman, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien....
 

© Copyright Indahnya Islam 2010 - 2016 | Powered by Blogger.com.