News Update :

Pemimpin Muslim Harus Tegas Menolak Segala Bentuk Kemaksiatan

11 April 2013 17.22




Untuk dapat menciptakan dan menumbuhkan sosok seorang muslim - muslimah yang kuat dan tegas karakternya, serta teguh pendiriannya dalam memegang syariat Allah, diperlukan suatu proses yang panjang dan kontinyu.

Disamping itu, penciptaan karakter seorang muslim yang tangguh tersebut juga tidak bisa berdiri sendiri. Pendidikan dan pelatihan ruhaniyah serta jasmaniyah juga sangat diperlukan guna menunjang sosok muslim dan muslimah yang mampu menghadapi dekadensi moral yang sangat sistemik akhir-akhir ini.

Melalui sarana pendidikan dan peradaban, orang-orang kafir telah “berhasil” mengkolaborasikan dan mencampuradukkan metode atau sistem pendidikan barat yang merusak dan pendidikan islam yang memberikan cahaya dan petunjuk. Padahal, kedua sistem pendidikan tersebut jauh sekali perbedaannya sebagaimana barat dan timur.

“Dan disini yang harus saya tegaskan bahwa, didalam menumbuhkan sebuah karakter atau kata lain adalah kepribadian yang islami, ini memang membutuhkan satu proses, proses dimana hal ini harus dilakukan bersama,” ujar Ustadz Dr. H. Amir Mahmud al-Ma’ruf, S.Sos saat mengisi kajian tematik “Pemikiran Dan Peradaban Islam – Islam Dalam Menumbuhkan Karakter” dimasjid Al Huda Belangwetan, Klaten, Senin (8/4/2013) kemarin.

Dosen Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ini menjelaskan, bahwa seorang muslim, terlebih dia seorang pemimpin, harus bisa bersikap tegas dan tanggap dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, jika dalam komunitas dan komoditas yang dipimpinnya itu ada beragam bentuk dan macam masyarakat yang ada (majemuk), maka dia tetap harus menunjukkan aqidah dan akhlaq seorang muslim.

Aqidah dan akhlaq seorang muslim adalah senantiasa tidak tenang jika ada kemaksiatan dan kemungkaran berada dalam lingkup wilayahnya. Maka, jika sekarang ini di Indonesia sedang ramai memperbincangkan tentang pro kontra akan digelarnya Miss World 2013 di Bali dan Bogor, tidak akan ada perdebatan lagi jika seorang pemimpin muslim dengan tegas menolak ajang pamer aurat tersebut.

“Maka tidak patut bagi kita sebagai hamba Allah yang mengaku sebagai muslim, apalagi dia seorang pemimpin, dia menumbuhkan kepribadiannya itu tumbuh dari komoditas yang disana itu, benih-benih kekafiran, kejahiliyahan, kemaksiatan itu masih tertanam, kemudian berdiam diri dari itu semua” tegasnya.

Menurut Doktor bidang sosial dan kebudayaan Islam ini, tak ada alasan bagi seorang muslim untuk tidak menolak sebuah kemaksiatan yang jelas sekali berada didepan mata seperti Miss World tersebut.

Jika dia masih berpegang teguh dengan ke-Islamannya, maka tidak boleh bersikap dan berkepribadian ganda. Jadi tidak boleh pula menolak kemaksiatan yang nyata sekali kemaksiatannya, dengan mengajukan beberapa syarat agar kemaksiatan tersebut bisa tetap berlangsung.

“Jadi omong kosong, tidak mungkin, suatu kepribadian seorang muslim itu akan tumbuh dua. (Kalau tidak -red) Muslim atau Kafir, Islam atau jahiliyyah, tauhid atau syirik. Nah, bagi kita adalah isyhadu bi ana muslim, saksikanlah tunjukkanlah bahwasanya saya ini atau kami ini adalah seorang muslim. Tidak ada kata lain bagi seorang muslim untuk berkata-kata ganda (dalam kemaksiatan -red),” tandasnya. [Bekti]/voa-islam.com
 

© Copyright Indahnya Islam 2010 - 2016 | Powered by Blogger.com.