News Update :

Larangan Membaca Alquran Dalam Sujud Sholat

11 Januari 2016 16.05




Soal:

Assalam ‘Alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.. Apakah di dalam sujud shalat boleh membaca ayat atau Al-Qur'an? Terimakasih untuk ilmunya.

Bapak Farhan – Perum Puri Gading, Bekasi

Jawab:

Oleh: Badrul Tamam

Wa’alaikumus Salam Warahmatullah Wabarakaatuh... Al-Hamdulillah, shalawat dan salam atas Rasulillah & keluarganya.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam melarang membaca Al-Qur'an dalam ruku’ & sujud. Hadits shahih perintahkan untuk agungkan Allah dalam ruku’ dan perbanyak doa dalam sujud. Doa di sujud akan lebih dikabulkan karena posisi paling dekat antara hamba dengan Allah.

Diriwayatkan Muslim di Shahihnya, dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'Anhu bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

أَلا وَإِنِّي نُهِيتُ أَنْ أَقْرَأَ الْقُرْآنَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا ، فَأَمَّا الرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ عَزَّ وَجَلَّ ، وَأَمَّا السُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ

"Ketahuilah bahwa aku benar-benar dilarang membaca al-Qur'an sewaktu ruku' dan sujud. Adapun waktu ruku', agungkanlah Tuhan (Allah) dan sewaktu sujud bersungguh-sungguhlah dalam berdoa karena besar harapan akan dikabulkan do'amu.”

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

“Keadaan paling dekat seorang hamba dari Rabbnya adalah ketika dia sujud, maka perbanyak doa (di dalamnya).” (HR. Muslim)

Adapun membaca doa yang ada di Al-Qur'an dalam sujud maka dibolehkan. Seperti dia membaca doa,

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka." (QS. Al Baqarah: 201).

Karena dia bermaksud membaca doa, bukan baca Al-Qur'an. Ini kembali kepada niat atau maksud orang yang membacanya. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]
 

© Copyright Indahnya Islam 2010 - 2016 | Powered by Blogger.com.