News Update :

Ulama-Ulama Muslim Serukan Jihad Melawan Rezim Suriah

14 Juni 2013 09.03




Tokoh ulama Sunni  Yusuf Qardhawi pada hari Kamis, 13 Juni, menyerukan Jihad melawan rezim Suriah Bashar Al-Assad.

“Jihad diperlukan untuk kemenangan saudara-saudara kita di Suriah,” demikian pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh para ulama dan dibaca oleh ulama Mesir,  Mohamed Hassan , laporan Reuters memberitakan.

Para ulama dari seluruh dunia Arab bertemu pada hari Kamis di Kairo untuk membahas cara-cara untuk membantu oposisi anti- rezim Assad di Suriah.

Mereka menyerukan menggunakan segala cara untuk membantu untuk mencapai kemenangan pasukan oposisi Suriah terhadap Assad.

Hassan mengatakan lebih dari 70 organisasi mewakili dalam pertemuan itu menyerukan “dukungan, apa pun akan menyelamatkan orang-orang Suriah”

Di antara peserta dalam pertemuan Kamis termasuk Sheikh Yusuf Al-Qaradhawi, presiden Persatuan Internasional untuk Cendekiawan Muslim, dan Sheikh Hassan al-Shafai, dari Al-Azhar.

Awal bulan ini, Qaradhawi menyerukan umat Islam Sunni untuk bergabung dengan pasukan oposisi dalam perjuangan mereka melawan rezim Assad.

Dua tahun pertempuran antara pasukan Assad dan para pejuang anti-rezim telah menewaskan lebih dari 93.000 orang.

Pertempuran telah memaksa lebih dari satu juta warga Suriah meninggalkan rumah mereka ke negara-negara tetangga di samping perpindahan dari dua juta lainnya di negara itu.

Para ulama Sunni mengecam tindakan keras mematikan oleh rezim Assad dan sekutu Syiahnya sebagai perang terhadap Islam.

“Apa yang terjadi pada saudara-saudara kita di tanah Suriah, yang mendapatkan kekerasan yang berasal dari rezim Iran, Hizbullah dan sekutu Syiahnya, dianggap sebagai deklarasi perang terhadap Islam dan masyarakat Muslim pada umumnya,” kata Hassan.

Hizbullah, sekutu dekat Iran dan rezim Suriah, secara terbuka terlibat dalam perang melawan pasukan anti-rezim di Suriah.

Pejuang Hizbullah membantu pasukan Assad merebut kembali kota strategis Qusair dekat Homs di perbatasan Lebanon pekan lalu dari lawan yang sebagian besar dari Suriah mayoritas Sunni.

Bulan lalu, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah bersumpah untuk mendukung Assad untuk meraih  kemenangan dalam perang sipil Suriah. (OI.Net/KH) / eramuslim.com
 

© Copyright Indahnya Islam 2010 - 2016 | Powered by Blogger.com.